Daftar Blog Saya

Search

Hide

joe

Gambarku

Gambarku
SELAMAT DATANG DI "ORBITNET-ARGAMAKMUR"

Logo

Logo

Fakhri Hafizzurahman

Fakhri Hafizzurahman
Buah Hati

Jumat, 22 Juni 2012

Karya Tulis Ikan Hias


BAB. I
PENDAHULUAN

1.1              Latar Belakang
Ikan merupakan makanan yang banyak digemari. Tingginya permintaan akan ikan di indonesia, dan kurangnya pasokan akan ikan. maka Budidaya Ikan adalah prospek yang cukup bagus untuk dilakukan. disamping iyu banyak pilihan akan Budidaya ikan. kita dapat memilih Budidaya ikan apa yang cocok untuk kita budidayakan. Tidak hanya ikan untuk konsumsi saja yang prospek budidayanya bagus tetapi ikan hias tak kalah untuk dibudidayakan, selain permintaan tinggi, harga ikan hias juga cukup tinggi, bahkan harganya dapat mencapai jutaan. banyak pilihan ikan apa yang akan kita budidayakan (Annonymous, 2011).
Budidaya perairan adalah bentuk perikanan budidaya, untuk dipertentangkan dengan perikanan tangkap. Di Indonesia, budidaya perairan dilakukan melalui berbagai sarana. Kegiatan budidaya yang paling umum dilakukan adalah di kolam atau empang, tambak, tangki, karamba, serta karamba apung ( Wikipedia, 2011).
Alasan pemilihan judul tentang “Budidaya ikan hias sebagai hiasan rumah” adalah untuk memperkenalkan kepada masyarakat bahwasanya budidaya ikan hias bukan hanya untuk diperjual belikan saja tetapi juga bisa untuk menghiasi rumah kita. Manfaat dari budidaya ini adalah menambah keindahan serta keunikan rumah.

1.2              Rumusan Masalah
1.      Bagaimana budidaya ikan hias sebagai hiasan rumah?
2.      Hal apa saja yang perlu dilakukan dan dipersiapkan dalam proses pembudidayaan ikan hias sebagai hiasan rumah?

1.3              Tujuan Penulisan
Tujuan dari penulisan Karya Tulis Ilmiah ini adalah untuk memperkenalkan kepada masyarakat tentang keindahan dan keunikan rumah jika dihias dengan berbagai macam  ikan hias.

BAB. II
KAJIAN PUSTAKA

2.1.             Definisi Budidaya
Akuakultur atau juga dikenal dengan budidaya perikanan  merupakan bentuk pemeliharaan dan penangkaran berbagai macam hewan atau tumbuhan perairan yang menggunakan air sebagai komponen pokoknya. Kegiatan-kegiatan yang umum termasuk di dalamnya adalah budidaya ikan, budidaya udang, budidaya tiram, serat budidaya rumput laut (alga). Dengan batasan di atas, sebenarnya cakupan budidaya perairan sangat luas namun penguasaan teknologi membatasi komoditi tertentu yang dapat diterapkan (Annonymous, 2011).

2.2.             Definisi Aquarium
Aquarium adalah sebuah vivarium biasanya ditempatkan di sebuah tempat dengan sisi yang transparan (dari gelas atau plastik berkekuatan tinggi), di dalamnya satwa dan tumbuhan air (biasanya ikan, namun dapat juga ditemukan invertebrata, amfibi, mamalia laut dan reptil) ditampung, dan digunakan untuk display publik. Aquarium juga dapat merujuk tempat di mana apa yang telah dijelaskan di atas dibangun (museum ikan), Memelihara ikan di dalam aquarium adalah hobi yang cukup populer. Aquarium pertama untuk umum, didirikan di London, Inggris pada tahun 1853. Bersaman dengan jalannya waktu, teknologi yang digunakan di dalam akuarium makin berkembang, seperti sistem penyaringan dan penerangan (finalsense,2011)

2.3.            Budidaya Ikan Hias
Budidaya ikan hias air tawar ternyata mampu memberikan kehidupan bagi banyak orang yang menekuninya. Selain orang suka akan keindahan ikan hias ,banyak pula orang yang menggantungkan hidupnya dari membudidayakan dan memasarkan ikan hias yang jenisnya bermacam-macam. Tak jarang beberapa petani yang semula menekuni budidaya ikan konsumsi seperti ikan lele, ikan nila, guramih dan lain sebagainya beralih menekuni budidaya ikan hias. Semua itu dilakukan karena peluang usaha dan potensi ekonomis budidaya ikan hias lebih menggiurkan dibandingkan dengan ikan konsumsi. Dengan pola pemeliharaan dan pemberian makanan yang hampir sama dengan ikan konsumsi , budidaya ikan hias mampu menghasilkan pemasukan yang lebih besar karena harga ikan hias lebih mahal. Kunci membudidayakan ikan hias adalah telaten dan senang di dalam memeliharanya (Annonymous, 2011).
Usaha budidaya ikan hias merupakan salah satu usaha yang memberikan alternatif sumber penghasilan untuk meningkatkan pendapatan petani/pengusaha ikan hias. Usaha budidaya ikan hias cukup prospek dikembangkan. Hal ini disebabkan dalam budidaya ikan hias memiliki keunggulan-keunggulan sebagai berikut :
1.      Teknologinya mudah diserap dan diterapkan, karena teknologi yang digunakan cukup sederhana
2.      Budi daya Ikan Hias Dapat diusahakan skala rumah tangga/ usaha kecil, tidak membutuhkan lahan yang luas
3.      Perputaran modal cepat, dapat dipanen dalam jangka waktu yang singkat.
4.      Budi daya ikan Hias mampu Menyerap tenaga kerja.
5.      Pasar yang menjanjikan baik domestik maupun ekspor.



















BAB. III
PEMBAHASAN

3.1.            Cara Membudidayakan Ikan Hias Sebagai Hiasan Rumah
Usaha budidaya ikan hias untuk dijadikan sebagai  hiasan rumah adalah ide yang cukup kreatif, karena selain memperindah tampilan rumah namun juga menambah keunikan rumah. Untuk dapat mewujudkan ide yang kreatif ini adalah dengan cara menyiapkan aquarium sesuai dengan keinginan. Misalnya aquarium berbentuk tabung, kubus, segi tiga, dll. Kemudian ditaruh di tempat sesuai keinginan konsumen, seperti di ruang tamu, halaman depan rumah, atap rumah, dll. Setelah itu menaruh hiasan didalam aquarium layaknya di dalam laut, kemudian bisa ditambahkan lampu pelangi. Setelah semua persiapan selesai ikan hias siap dimasukkan dalam aquarium yang sudah didesain sebelumnya.
3.2.            Persiapan yang Perlu dilakukan dalam Proses Pembudidayaan Ikan Hias sebagai Hiasan Rumah
Hal pertama yang perlu dipersiapkan adalah aquarium yang sudah didesain sebelumnya. Kemudian di dalam aquarium tersebut ditambahkan hiasan – hiasan seperti karang-karangan, dedaunan, lampu pelangi, dll. Setelah itu aquarium ditelakkan pada tempat yang telah ditentukan, misalnya di atap rumah bagian depan. setelah itu di aliri air dalam aquarium dan di masukkan bermacam-macam ikan hias sesuai keinginan.







BAB. IV
PENUTUP


4.1.            Kesimpulan
Kesimpulan yang bisa diambil dari penulisan Karya Tulis Ilmiah ini adalah budidaya ikan hias selain hanya diperjual belikan namun juga bisa menambah penghasilan dengan cara menjadikan ikan hias sebagai hiasan rumah.

4.2.            Saran
Seperti yang telah kita ketahui bahwa budidaya ikan hias itu bukan hanya untuk diperjual belikan secara langsung, namun juga bisa ditambah dengan cara menjadikan ikan hias itu sebagai hiasan rumah agar rumah tampak lebih indah dan unik, sehingga bisa menambah nilai ekonomi para pembudidaya.














DAFTAR PUSTAKA

Annonymous, 2011.http://world-aquaculture.blogspot.com/2011/06/budidaya-ikan-hias.html
Wikipedia,2011.http://konsultanperikanan.com/2011/01/pengertian-akuakultur/



















 
KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada penulis sehingga dapat menyelesaikan karya tulis ilmiah ini dalam memenuhi tugas mata pelajaran Bahasa Indonesia sesuai dengan waktu yang ditentukan. Semoga karya tulis ilmiah yang berjudul Budidaya Ikan Hias Sebagai Hiasan Rumah memberikan banyak manfaat kepada para pembaca.
Selanjutnya penulis mengucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada kedua orang tua penulis yang telah bersuasah payah membesarkan, mendidik dan menyekolah penulis sehingga bisa seperti saat ini. Kemudian kepada pembimbing yang telah mencurahkan ilmu dan waktunya agar penulis menjadi orang yang berguna bagi orangtua, masyarakat, bangsa, negara dan agama.
Teman teman seperjuangan yang telah berpartisipasi memberikan pemikiran, ide, saran dalam penyelesaian Karya tulis ini. Semoga kita mampu membuat orangtua dan guru guru kita bangga terhadap kita nantinya.
Kritik dan saran yang membangun penulis harapkan guna lebih sempurnanya Karya Tulis Ilmiah dimasa yang akan datang.


Arga Makmur,   Maret 2012
Penulis








ii
 
TUGAS BAHASA INDONESIA












Disusun Oleh :
NAMA    : BAGAS DWI SAPUTRA
KELAS   : IX D




DINAS PENDIDIKAN NASIONAL
SMP NEGERI 2 ARGA MAKMUR BENGKULU UTARA
TAHUN AJARAN 2011 – 2012


 


DAFTAR ISI


Halaman Judul -------------------------------------------------------------------- ------ i
Kata Pengantar -------------------------------------------------------------------------- ii
Daftar Isi -------------------------------------------------------------------------------- iii

BAB. I. PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang --------------------------------------------------------------------- 1
1.2. Rumusan Masalah ------------------------------------------------------------------ 1
1.3.Tujuan Penulisan -------------------------------------------------------------------- 1

BAB. II. KAJIAN PUSTAKA
2.1. Definisi Budidaya ------------------------------------------------------------------ 2
2.2. Definisi Aquarium ------------------------------------------------------------------ 2
2.3. Budidaya Ikan Hias ---------------------------------------------------------------- 2

BAB. III. PEMBAHASAN ------------------------------------------------------------ 4
3.1. Cara membudidayakan ikan hias sebagai hiasan rumah ---------------------------- 4
3.2. Persiapan yang perlu dilakukan dalam proses pembudidayaan ikan hias
       Sebagai hiasan rumah -------------------------------------------------------------- 4

BAB. IV. PENUTUP
4.1.  Kesimpulan ------------------------------------------------------------------------ 5
4.2.  Saran ------------------------------------------------------------------------------- 5

DAFTAR PUSTAKA

iii
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar